Home » » Telkom Dukung Pelaku UMKM Melalui INDIPreneur

Telkom Dukung Pelaku UMKM Melalui INDIPreneur

Written By Admintrator on Monday 4 February 2013 | 16:21

tujuh Telkom Dukung Pelaku UMKM Melalui INDIPreneur Telkom senantiasa berupaya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satunya dengan menghadirkan Program Indonesia Enterpreneur (INDIPreneur), yang membekali para pelaku Usaha Menengah,

Kecil dan Mikro (UMKM) dengan pengetahuan tentang implementasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan e-commerce serta memberi kemampuan untuk menjalankannya. Demikian dijelaskan Direktur Enterprise & Wholesale Telkom Muhammad Awaludidin dalam konferensi pers di depan para wartawan, di Jakarta (4/2). Dalam acara ini ini dipaparkan secara lebih rinci peran Telkom dalam INDIPreneur oleh OSM Entreprise Project, Dudi Effendi dan dihadiri oleh EGM Divisi Business Service, Arko Maryono yang banyak menangani Small Medium Entreprise (SME). “Program INDIPreneur merupakan komitmen Telkom untuk meningkatkan 100.000 UMKM melalui pemanfaatan TIK yang efektif. Melalui program ini UMKM dapat mengembangkan bisnis dengan dengan solusi TIK berkualitas dan terjangkau.

Seperti, koneksi broadband, web builder, web hosting, domain name dan e-commerce application. Semua service ini dapat dinikmati gratis dan dioperasikan dengan mudah,” papar Awaluddin. Disadari Telkom bahwa UMKM merupakan tulang punggung pertumbuhan perekonomian nasional. Untuk itulah Telkom sangat menaruh perhatian terhadap pengembangan UMKM. Tercatat, sekitar 59 juta penduduk Indonesia merupakan pelaku UMKM yang memberikan kontribusi positif bagi pendapatan nasional, yaitu sebesar 56,5 persen dari total GDP Indonesia. Melalui Program INDIPreneur, Awaluddin menambahkan, Telkom akan memajukan UMKM dengan konsep layanan menyeluruh mencakup penyediaan DNA-P (Device, Network, Application dan Platform). “Telkom juga menyediakan perangkat IT dengan pola leasing (sewa beli).

Sementara untuk akses ke internet broadband (termasuk akses wifi), penyediaan layanan Portal, Application dan Content (PAC) dengan teknologi Cloud Computing disediakan gratis oleh Telkom,” tambah Awaluddin. Teknologi Cloud Computing yang disediakan ini meliputi Infrastructure as a Service (IAAS), Platform as a Service (PaaS) dan Software as a Service (SaaS). Semua solusi TIK ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk mempromosikan perusahan / produknya, melakukan transaksi online serta kemudahan pengelolaan bisnis secara online. “Telkom tidak hanya memperluas akses pasar para pelaku UMKM, tapi juga memberikan edukasi untuk meningkatkan kompetensi para pelaku UMKM yang kemampuan IT-nya masih lemah melalui proses inkubasi dan training,” jelas Awaluddin.

Diungkapkan Awaluddin, guna menyukseskan program ini Telkom telah menyiapkan dana tidak kurang dari Rp. 10 Milyar. Hingga saat ini sebanyak 4.235 pelaku UMKM telah memperoleh manfaat dari program INDIPreneur. Sementara untuk tahun 2013 diproyeksikan sebanyak 100.00 pelaku UMKM akan bergabung dalam program ini. Program INDIPreneur merupakan bagian dari Mega Proyek “Indonesia Digital Network” (IDN) yang mentargetkan 5 juta pelanggan broadband dan penyediaan 1 juta wifi pada tahun 2013. Program ini diimplementasikan pula untuk mewujudkan Indonesia Digital Society (InDiSo) yang akan meningkatkan daya saing masyarakat Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi.“Persembahan Telkom Indonesia untuk Indonesia”

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Cari Kerja - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger