Home » » Penomena Seorang Mark Twain

Penomena Seorang Mark Twain

Written By Admintrator on Friday 16 November 2012 | 19:19

markTHari ini, 134 tahun yang lalu, Mark Twain(penulis ternama asal Amerika Serikat) dilahirkan.

Mark Twain, atau Samuel Langhorne Clemens, lahir pada tanggal 30 November 1835 di Hannibal, kota kecil di tepi sungai Mississippi. Rasa ingin tahu, semangat belajar, dan jiwa petualangnya amat tinggi. Ia, misalnya, sudah bekerja sebagai juru cetak maupun penulis di usia belasan tahun. Pada saat itu, Mark banyak menimba ilmu melalui bacaan dan tulisan. Ia amat menyukai cerita-cerita lucu yang dimuat oleh surat kabar dan tertarik pada segala macam informasi mengenai kapal uap.

Kemudian, Mark bekerja sebagai nahkoda kapal sungai. Selama empat tahun, ia berlayar menjelajahi setiap sudut Sungai Mississippi. Mark terpaksa pindah ke negara bagian California ketika Perang Saudara (1861-1865) pecah di AS. Ketika itulah dia mengubah namanya menjadi "Mark Twain" yang berarti "dua depa dalamnya". Itu adalah istilah yang dipakai oleh awak kapal sungai saat mereka mengukur kedalaman air.

huck markTw tom

Di tempat barunya, Mark Twain menantang dirinya sendiri untuk menulis. Pada akhirnya, ia sukses menelurkan novel-novel besar sepertiAdventures of Huckleberry Finn, The Adventures of Tom Sawyer, The Prince and the Pauper, dan A Connecticut Yankee in King Arthur's Court. Ia juga sukses menulis buku non fiksi, Life on the Mississippi.

Sekadar tahu, tulisan Mark Twain sarat dengan humor, juga dukungan bagi perdamaian dan keadilan. Cerita-cerita terbaik yang ditulisnya adalah mengenai kehidupan remaja pada Abad ke-19 di AS, yang penuh konflik dan petualangan. Menurut para kritikus dan pengamat, semakin dewasa, gaya penulisan Mark Twain semakin serius dan matang.
Penulis luar biasa ini meninggal pada 21 April 1910. Selama hidupnya, ia dikenang sebagai sastrawan yang mengagumkan. Sahabat-sahabatnya pun tersebar mulai dari presiden, artis, pengusaha, hingga keluarga kerajaan. Netter yang luar biasa, pemikiran Mark Twain yang universal telah jauh melampaui batas gdivografis, bahkan zaman! Hingga kini buku-bukunya masih banyak dicari, dibaca, dan dibahas oleh banyak orang. Apakah Anda salah satunya?

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Cari Kerja - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger