Home » » Perusahaan Garuda Sabet Laporan Tahunan Terbaik di Moskow

Perusahaan Garuda Sabet Laporan Tahunan Terbaik di Moskow

Written By Admintrator on Sunday 18 November 2012 | 00:56

satu Menjelang penghujung tahun, prestasi yang dikoleksi PT Garuda Indonesia Tbk bertambah panjang. Terbaru, maskapai nasional ini menyabet penghargaan Laporan Tahunan Terbaik (Best Annual Report) kategori Foreign Company (Perusahaan Asing) dalam ajang kompetisi XV Annual Report Competition yang digelar oleh Bursa Efek Moskow (Moscow Exchange).

Upacara penyerahan penghargaan tersebut diadakan di Hotel Ararat Park Hyatt di jantung Moskow pada Jumat (16/11/2012) malam. Penghargaan diserahkan oleh Direktur Deloitte CIS Oleg Shvyrkov kepada Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Djauhari Oratmangun, didampingi oleh SM Corporate Identity Management Garuda Indonesia Tri Poetra I Sakti.

Dalam pidato ucapan terimakasihnya, Djauhari menekankan prestasi Garuda sebagai maskapai terbaik di dunia seiring dengan berbagai penghargaan tingkat internasional yang dicapainya. Tak lupa Djauhari mengundang hadirin untuk bertandang ke Indonesia.
"Tapi jangan hanya ke Bali saja, melainkan ke provinsi yang lain juga," ujar diplomat karier ini. Hadirin yang berasal dari pelaku bisnis sejumlah perusahaan terkemuka pun tertawa kecil dan bertepuk tangan meriah. Maklum, Bali sangat populer di Rusia.

Laporan tahunan Garuda yang memenangi ajang tersebut merupakan Annual Report Garuda Indonesia Tahun 2011 yang mengambil tema "Embarking into a New Dimension". Laporan edisi cetak setebal 500 halaman dan dilengkapi buklet tipis berisi summary itu, mengambil cover pemandangan Raja Ampat di Papua yang sedang naik daun. Laporan itu juga bisa diakses lewat internet.
Secara terpisah, Tri Poetra menjelaskan laporan tahunan kini tidak lagi sebatas pelaporan pertanggungjawaban manajemen dalam RUPS, namun telah menjadi media komunikasi yang efektif kepada semua pihak (regulator, karyawan, mitra bisnis, vendor/supplier, investor, konsumen dsb) tentang kinerja dan prospek perusahaan ke depan.

"Keikutsertaan dalam Annual Report Award merupakan wujud penerapan Good Corporate Governance serta dapat menjadi sarana bagi perusahaan untuk memperoleh masukan dari berbagai kalangan tentang seberapa baik laporan tahunan tersebut sekaligus semakin memantapkan keberadaan perusahaan di komunitas industri," ujarnya.
Karena itulah, laporan tahunan kini tidak lagi hanya berupa angka-angka dan penjelasan yang menjemukan saja. Laporan Tahunan Garuda 2011, misalnya, memiliki tema khusus tentang kesibukan Garuda sejak pukul 00.00 hingga 24.00 WIB yang diambil dari berbagai daerah operasi Garuda, lengkap dengan suguhan visual yang impresif plus informasi komplet. Membolak-balik laporan tahunan kini tak lagi membosankan.

Tri menuturkan, ada 5 aspek yang terangkum dalam laporan tahunan Garuda tersebut yaitu aspek kelengkapan; marketing; komunikasi; compliance dan aspek investor.
Setiap tahun, Garuda menentukan tema laporan tahunan sesuai dengan prestasi dan momentum yang terjadi pada tahun bersangkutan. Misalnya pada 2009, laporan tahunan Garuda bertajuk Expanding Our Wings dengan gambar cover pemandangan Gunung Bromo dan tahun 2010 berjudul Ready for the Next Journey dengan gambar kulit keindahan Danau Toba.
Tahun 2011 mengambil tema besar "Embarking into a New Dimension" karena pada tahun tersebut terdapat dua peristiwa penting yang membawa Garuda ke dimensi baru. Pertama, Garuda go public pada 11 Februari di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kedua, Garuda menetapkan program quantum leap (lompatan besar) 2011-2015 sebagai program strategis ekspansi perusahaan, misalnya dengan menargetkan jumlah pesawat hingga 194 armada pada 2015.

Dalam membuat laporan tahunan, Tri berpikir apakah laporannya telah handal dan komunikatif alias tidak hanya bagus di cover saja. Nah, untuk mengujinya, maka dia mengikuti sejumlah lomba annual report di dunia.
Hasilnya sungguh luar biasa. Laporan tahunan Garuda 2011 diganjar 5 penghargaan yaitu Annual Report Award oleh regulator di Indonesia; Stevie Award 2012 di Seoul; Galaxy Awards 2012 di New York; Spotlight Award 2012 di Florida; dan terakhir di XV Annual Report Competition di Moskow yang diikuti 155 peserta di seluruh dunia.
"Penghargaan di Moskow ini sangat bergengsi karena penyelenggaranya merupakan regulator (Bursa Efek Moskow)," kata Tri bangga.
Sementara itu, Dubes Djauhari Oratmangun menyambut gembira kemenangan Garuda. Penilaian yang diberikan oleh lembaga regulator itu tentu saja objektif.
Kemenangan itu juga membuka peluang kerjasama baru Indonesia dan Rusia lewat Garuda. "Minat warga Rusia ke Indonesia juga akan semakin besar, baik sebagai turis maupun investor," ujarnya optimistis.(detikfinance)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Cari Kerja - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger